Viking Clap Tutup Aksi Timnas Indonesia U-16 Tekuk Malaysia

Jakarta, – Kemenangan Timnas Indonesia U-16 atas Malaysia 1-0 di semifinal Piala AFF U-16 ditutup dengan perayaan viking clap atau tepukan bangsa viking oleh para pendukung Merah Putih.

Seluruh penonton di tribune Stadion Gelora Delta Sidoarjo berdiri sembari mengangkat kedua tangan mereka. Langkah itu diikuti para pemain dan ofisial Garuda Asia yang berdiri melingkar di tengah lapangan dan mengangkat tangan.

Kemudian mereka sama-sama menepuk tangan diselingi teriakan membahana, kemudian bertepuk tangan lagi, lalu berteriak, begitu seterusnya hingga tempo semakin cepat. Suasana ini terasa begitu sakral sehingga suasana di lapangan cukup menyentuh perasaan.

Ini tentu bukan kali pertama para penonton di tribun melakukan tradisi tepuk tangan ala bangsa Viking itu. Setiap kemenangan Garuda Asia di fase Grup A lalu selalu ditutup dengan selebrasi Viking Clap kepada para penggawa arahan Fakhri Husaini.

Timnas Indonesia U-16 selalu didukung penuh para suporter. (Timnas Indonesia U-16 selalu didukung penuh para suporter. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Bagi para pendukung, viking clap yang biasa dilakukan para penggemar timnas Islandia kepada tim kesayangan mereka merupakan bentuk penghormatan dan apresiasi pula bagi Timnas Indonesia U-16. Situasi itu pun diyakini mampu melecut motivasi Bagus Kahfi dan kawan-kawan hingga berhasil ke final Piala AFF U-16.

Garuda Asia sukses ke final setelah mengalahkan Malaysia berkat satu-satunya gol Bagus Kahfi melalui tendangan penalti. Penalti diberikan kepada Indonesia setelah kiper Malaysia Abdul Alim Al Amri menjatuhkan Supriadi di dalam kotak penalti pada menit ke-70.

Indonesia selanjutnya bakal menghadapi tim kuat Thailand di final Piala AFF U-16. Skuat Gajah Perang Muda sukses mengalahkan Myanmar dengan skor tipis 1-0.

Laga final bakal digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Sabtu (11/8). Indonesia bersiap mencetak sejarah kali pertama juara Piala AFF U-16.

Leave a Comment