Faktor-faktor yang Bisa Bikin Madrid Gagal Juara Liga Spanyol

Jakarta, – Perombakan yang terjadi di jendela transfer musim panas ini membuat Real Madrid diprediksi tidak akan bisa menjuarai Liga Spanyol musim 2018/2019.

Barcelona yang mendominasi perolehan gelar juara La Liga dalam satu dekade belakang dengan tujuh trofi diperkirakan dapat melanjutkan tren positif itu pada musim ini.

Sementara, Real Madrid yang merupakan juara bertahan Liga Champions dinilai tidak memiliki kesempatan untuk menjuarai liga. Meskipun berhasil mendatangkan Thibaut Courtois dari Chelsea sebagai solusi untuk posisi kiper yang selama ini dianggap mengkhawatirkan.

Berikut lima faktor yang bisa membuat Madrid gagal menjuarai La Liga 2018/2019 seperti dikutip dari Sportskeeda:

Kehilangan Cristiano Ronaldo

Real Madrid kehilangan Cristiano Ronaldo yang menjadi sosok penting kesuksesan mereka selama satu dekade terakhir.Real Madrid kehilangan Cristiano Ronaldo yang menjadi sosok penting kesuksesan mereka selama satu dekade terakhir. (REUTERS/Hannah McKay)

Banyak pihak menilai Real Madrid akan kesulitan menjalani musim ini setelah Cristiano Ronaldo memilih pindah ke Juventus. Berkaca dari statistik yang ada, kedatangan Ronaldo pada 2009 menjadi salah satu faktor penting dari 2 gelar La Liga, 2 Copa Del Rey, dan 4 Liga Champions.

Performa Ronaldo selama berkostum Madrid juga kerap memecahkan beberapa rekor, yang membuat pemain berjuluk CR7 itu meraih empat trofi Ballon d’Or selama berkostum Los Blancos. Kini Madrid dituntut mencari pengganti Ronaldo guna menjaga tradisi juara di klub ibu kota Madrid itu.

Pengalaman Julen Lopetegui

Julen Lopetegui minim pengalaman di level klub.Julen Lopetegui minim pengalaman di level klub. (REUTERS/Sergio Perez)

Keberadaan Julen Lopetegui di posisi pelatih diperkirakan tidak akan banyak membantu Madrid. Pasalnya, Lopetegui minim pengalaman di level klub. Pengalaman terbesar Lopetegui hanya mengantar FC Porto sampai keperempat final Liga Champions serta timnas Spanyol sebelum dipecat jelang Piala Dunia 2018 dimulai. Lopetegui pernah membawa timnas Spanyol juara tetapi di level U-19 dan U-21.

Kondisi Lopetegui sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Zinedine Zidane ketika menangani Madrid pada 2016. Zidane juga tidak memiliki pengalaman melatih klub, karena sebelumnya hanya menjabat sebagai asisten pelatih dan pelatih tim akademi. Namun pengalaman itu membuat Zidane lebih lama memiliki chemistry dengan pemain-pemain Madrid.

Gareth Bale Rentan Cedera

Gareth Bale yang akan menjadi andalan Madrid di musim ini diragukan bisa tampil konsisten.Gareth Bale yang akan menjadi andalan Madrid di musim ini diragukan bisa tampil konsisten. (REUTERS/Noah K. Murray-USA TODAY Sports)

Performa Gareth Bale bisa jadi salah satu aspek yang membuat Madrid meraih juara atau tidak di musim ini. Hanya saja, sejak didatangkan dari Tottenham Hotspur pada 2013, penampilan Bale kerap ‘angin-anginan’ di El Real yang membuatnya sulit mencapai puncak seperti Ronaldo. Meskipun pemain asal Wales tersebut membuat beberapa gol penting yang memberikan kesuksesan bagi Madrid.

Di musim ini kondisi dan performa Bale yang konsisten masih diragukan. Jika Madrid tidak mendatangkan pemain top, maka tekanan akan berada di pundak Bale sebagai pemain bintang di Santiago Bernabeu.

Krisis di Lini Serang

Real Madrid sejatinya memiliki barisan lini serang yang mumpuni, baik dari sisi striker atau gelandang dengan karakter menyerang. Sebut saja Karim Benzema, Isco, Marco Asensio, Borja Mayoral, dan Lucas Vazquez. Tetapi performa pemain-pemain itu sepanjang musim lalu tidak memberikan gol yang cukup untuk Madrid.

Karim Benzema diharapkan mengubah gaya bermainnya demi bisa cetak banyak gol.Karim Benzema diharapkan mengubah gaya bermainnya demi bisa cetak banyak gol. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Madrid bisa memenangi turnamen dengan format yang pendek, tetapi di kompetisi yang memuat 38 pertandingan mereka kewalahan dan tidak memiliki konsistensi dalam mencetak gol. Tanpa Ronaldo, Benzema perlu mengubah gaya permainannya demi memiliki banyak gol.

Persaingan Ketat dengan Rival

Kompetisi juara Liga Spanyol 2018/2019 diprediksi akan menjadi milik Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona. Sejauh ini dua klub terakhir paling gencar dalam berburu pemain guna memperkuat skuat di musim ini. Atletico sudah mendatangkan Thomas Lemar, Rodri, Arias, Castro, Adan, dan Gelson Martins.

Sedangkan Barcelona merekrut Malcom, Clement Lenglet, Arthur, dan Arturo Vidal untuk menjaga kedalaman skuat. Sementara Madrid hanya mendatangkan Thibaut Courtois, Vinicius Jr, dan Odrizola yang dianggap masih terlalu muda untuk bersaing di level atas. Madrid disebut-sebut perlu merekrut bek tengah dan satu penyerang untuk meningkatkan kualitas skuatnya.

Leave a Comment