Angkat Besi Raih Medali Pertama Indonesia di Asian Games 1982

Jakarta, – Indonesia menempati peringkat enam di gelaran Asian Games 1982 di Delhi, India dengan meraih empat medali emas, empat perak dan tujuh perunggu.

Medali pertama yang diraih Tim Merah Putih datang dari cabang angkat besi melalui Maman Suryaman di kelas 52 kilogram. Maman menjadi satu-satunya atlet angkat besi yang menyumbangkan medali buat Indonesia saat itu.

Bukan emas, Maman meraih perunggu setelah medali emas diraih lifter Jepang Kazushito Manabe dan perak diambil Cau Juncheng dari China.

Medali emas Indonesia dipersembahkan cabor bulutangkis dan tenis yang masing-masing menyumbangkan dua medali.

Angkat besi kali pertama menyumbang medali pada Asian Games 1982. (Angkat besi kali pertama menyumbang medali pada Asian Games 1982. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)

Dari cabang bulutangkis medali emas diraih Icuk Sugiarto yang berduel dengan sesama wakil Indonesia, Liem Swie King di final tunggal putra. Emas lainnya diraih pasangan Christian Hadinata/Ivana Lie di nomor ganda campuran yang juga mengalahkan kompatriotnya, Icuk Sugiarto/Ruth Damayanti.

Medali perak ketiga disumbangkan tim beregu putra yang dihuni Christian Hadinata, Wirawan Hadiyanto, Rudy Heryanto, Hariamanto Hartono, Liem Swie Kinng dan Icuk Sugiarto.

Dua medali emas lainnya diraih cabang tenis melaui Justejo Tarik di nomor tunggal putra dan tim beregu putra yang diisi Hadiman, Justedjo Tarik, Dinald Wailan Walalangi dan Tintus Wibowo.

Cabor panahan juga ikut menyumbangkan medali perak setelah tim beregu putra dikalahkan wakil Korea Selatan.

Selain itu, cabor renang juga membantu kontribusi medali lewat raihan enam perunggu. Menariknya, keenam medali perunggu Indonesia di nomor renang diraih Lukman Niode.

Lukman turun di nomor 100 meter gaya bebas, 100 meter gaya punggung, 200 meter gaya punggung, 4×100 meter gaya bebas relat, 4×200 meter gaya bebas relay serta 4×100 meter gaya campuran.

Leave a Comment