Kali Besar Kota Tua Jakarta yang Makin Instagramable

Jakarta – Perlahan tapi pasti, revitalisasi Kota Tua Jakarta makin menampakkan hasilnya. Yang terbaru, kawasan Kali Besar telah dipercantik dan dibuka untuk umum.

Traveler yang biasa lalu lalang di kawasan Kali Besar Kota Tua Jakarta mungkin telah menyadari perubahan yang terjadi di sana. Papan-papan seng yang beberapa waktu lalu menutupi Kali Besar telah dibuka, menampakkan wujudnya yang baru.

Diketahui, Kali Besar yang masuk program revitalisasi Kota Tua Jakarta itu telah diresmikan dan dibuka untuk umum oleh Wakil Gubernur Sandiaga Uno akhir pekan lalu.

“Baru dibuka Jumat lalu (6/7) sama Pak Sandiaga,” ujar salah satu Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, Zuhri yang tengah berjaga di Kali Besar pada detikTravel, Selasa (10/7/2018).

Belum semua area Kali Besar terbuka untuk umum (Randy/detikTravel)

Namun, belum semua area di Kali Besar dibuka untuk umum. Area dermaga terapung yang terletak di atas Kali Besar masih ditutup untuk umum.

“Area luar semua bisa digunakan, tapi area dalam belum karena masih dalam tahap penyelesaian,” ujar Zuhri.

Dilanjutkan oleh Zuhri, kini kawasan Kali Besar Kota Tua Jakarta dapat diakses oleh publik selama 24 jam. Ketika detikTravel berkunjung, tak sedikit juga wisatawan yang tengah menikmati indahnya Kali Besar pasca direvitalisasi.

Selain tambahan dermaga terapung di Kali Besar, area pejalan kaki pun menjadi lebih lebar dan dilengkapi dengan area parkir kendaraan. Sejumlah patung lucu pun kian menghiasi area pejalan kaki, lengkap dengan bangku taman.

Area pusat di Kali Besar (Randy/detikTravel)

Di area tengah Kali Besar, traveler juga bisa mendapati jembatan lebar yang menghadap ke dua sisi. Sedangkan bagi traveler yang membawa kendaraan, disarankan untuk parkir di Jalan Cengkeh dulu. Soalnya, area parkir di Kali Besar masih belum dibuka.

“Parkir bisa di Jalan Cengkeh, warga di sana pasti bantu. Selama tidak mengganggu lalu lintas,” tutup Zuhri.

Bertambah satu lagi objek wisata Instagramable di Kota Tua Jakarta. Ayo ke Kali Besarakhir pekan nanti!

Leave a Comment