Mengidap Lupus Tak Halangi Wanita Ini Taklukkan 11 Gunung

Jakarta – Mengidap lupus bisa membuat pasiennya mengalami keterbatasan. Tiara Savitri contohnya, Pimpinan Yayasan Lupus Indonesia ini membuktikan bahwa dengan segala keterbatasan karena lupus ia tetap bisa mendaki 11 gunung tertinggi di Indonesia.

“Saya ingin merombak paradigma mereka bahwa, kita (orang-orang yang terdiagnosa lupus) bisa melakukan kegiatan alam, kita bisa aktif, bisa kamping, naik gunung, trekking kita bisa,” ujar Tiara dalam diskusi Hari Lupus Sedunia, di Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Jl Percetakan Negara, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (8/5/2018).

Segala persiapan sebelum naik gunung juga harus dipikirkan dengan matang. Salah satunya persiapan bekal obat seberat satu kilogram dan latihan untuk menaiki gunung. Hingga akhirnya Tiara siap untuk naik gunung-gunung tertinggi di Indonesia.

“Saya latihan ya latihan sama, tapi ketika saya diberi pelatihan, pelatih saya tau batasan mana yang saya tidak bisa. Seperti saya tidak bisa jongkok, jadi dia (pelatih) memberikan latihan sebatas yang saya bisa, dulu saya tidak bisa duduk dibawah, sekarang bisa dan itu yang saya bagi ke teman-teman,” lanjut Tiara.

Keberhasilan naik gunung-gunung tertinggi di Indonesia ia capai di tahun 2012. Pantang menyerah di tengah keterbatasan, Tiara tetap memerhatikan kondisi tubuhnya.

“Saat naik gunung, saya pakai tabir surya dan topi, karena pengidap lupus kan sensitif pada matahari,” tambahnya lagi.

Ia berpesan bahwa hingga saat ini ia berhasil mengendalikan penyakit lupusnya. Caranya, tentu saja dengan mengadopsi gaya hidup sehat dengan pola makan buah dan sayuran serta aktivitas fisik.

Leave a Comment