Kunci Sukses Bisnis Ala Salah Satu Orang Terkaya RI

Jakarta – Sebagai pengusaha yang tercatat menjadi orang terkaya ke 38 di Indonesia versi Forbes 2017, Sudhamek AWS punya tiga kunci sukses yang menghantarkannya melejitkan bisnis, terutama pada perusahaannya, GarudaFood. Apa saja?

Secara sederhana dia mengatakan yang membuat bisnis GarudaFood bisa berkembang pesat bergantung pada teknologi dan inovasi, brand value, serta jaringan distribusi.

“Yang pertama adalah adanya technology mastery, penguasaan terhadap teknologi dan inovation. Jadi teknologinya harus dikuasai dan kemudian inovation. Teknologi utamanya kepada quality dan productivity. Inovation pada dasarnya untuk membangun sebuah keunggulan, ada unique value differentiation-nya. Itu pertama,” katanya saat berbincang dengandetikFinance, pekan lalu.

Kedua, yang tidak kalah penting adalah brand dari bisnis yang dijalani. Nilai dari sebuah brand memiliki peranan yang terbilang penting.

“Kedua adalah brand value, karena ini kita di consumer goods (barang konsumsi), you have to build your brand. Brand itu pertanyaannya adalah how is you brand. Brand value dan itu membangun itu tidak hanya butuh uang banyak, butuh waktu yang panjang, butuh kecerdasan tersendiri. Kreatifitas lah lebih tepatnya,” jelasnya.

Yang terakhir adalah mengenai distribusi produk yang kita hasilkan. Semakin baik jaringan distribusi, maka hasilnya akan jauh lebih baik.

“Ketiga adalah distribution network itu. Makanya dulu yang saya benahin pertama di situ, distribution network. Tanpa punya distribution network, anda nggak akan bisa memenangkan persaingan itu,” ujarnya.

Lalu ketiga hal itu lah yang menjadi landasan utamanya dalam menentukan rencana-rencana bisnisnya ke depan akan seperti apa.

“Ketiga itu kemudian diturunkan sampai jadi activity plan dan diukur dan itu diukurnya dari waktu ke waktu,” tambahnya.

Leave a Comment