Bakal Ada Buka Tutup Tol Selama Asian Games

Jakarta – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menyampaikan akan ada rekayasa lalu lintas di tol dengan sistem buka tutup di kawasan Jabodetabek. Upaya ini dilakukan dalam rangka menyambut Asian Games 2018.

“Kita akan lakukan ramp metering di jalan tol, pertama penutupan jalan tol, kemudian kita juga akan terapkan buka tutup di jalan tol. Nah ini adalah ramp metering yang akan kita lakukan,” katanya ditemui di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Dia belum bisa menyebutkan secara rinci ruas-ruas tol yang bakal terkena aturan tersebut. Hanya saja pihaknya sudah menetapkan tiap-tiap ruas tol apakah akan ditutup secara penuh atau buka tutup.

“Nah masing masing ruas sudah kita tetapkan,” tuturnya.

BPTJ masih terus mengkaji rencana ini sebelum benar-benar diimplementasikan.

“Nanti disampaikan, nanti akan disampaikan setelah disepakati, baru disampaikan pintu tol mana saja yang ditutup,” lanjutnya.

Diharapkan lewat cara ini, lalu lintas bakal lebih lancar.

“Jadi gini, kalau semua semakin lancar, kecepatan semakin meningkat, itu otomatis volume kendaraan meningkat, selama ini bayangin satu kendaraan masuk macet dia, dua sampe tiga jam di jalan tol,” tambahnya.

Leave a Comment