Orang Indonesia Disarankan Cuci Muka 3-4 Kali Sehari, Ini Alasannya

Jakarta – Setiap hari Anda pasti mencuci muka. Namun apakah pembersihan wajah yang selama ini Anda lakukan sudah benar-benar cukup untuk menghilangkan segala kotoran hingga makeup yang menempel seharian? Karena untuk orang Indonesia, dokter kulit menganjurkan cuci wajah tiga sampai empat kali sehari. Bagaimana dengan Anda?

Cuci muka memang menjadi rutinitas perawatan wajah yang paling dasar. Apalagi untuk orang Indonesia yang tinggal di daerah tropis dan banyak beraktivitas di luar ruangan. Karenanya dokter kulit menyarankan agar kita mencuci wajah paling tidak tiga kali sehari, terutama untuk pemilik tipe kulit berminyak.

“Di Indonesia, iklimnya tropis dengan kelembapan dan suhu yang tinggi. Kalau berminyak dianjurkan mencuci wajah tiga kali sehari apalagi jika tinggal di kota seperti Jakarta. Kalau rawan berjerawat atau banyak aktivitas di luar ruangan dianjurkan empat kali sehari,” kata Dr. Lili Legiawati, SpKK dalam acara peluncuran Nivea MicellAIR di Jakarta X Beauty Senayan City, Jakarta Pusat, Jumat, (27/4/2018).

Lili juga menganjurkan agar Anda memastikan wajah benar-benar bersih tanpa sisa kotoran, debu, dan kosmetik saat cuci muka. “Pergantian kulit bisa tidak terjadi dengan baik karena minyak dan makeup yang masih menempel,” tambahnya.

Cuci wajah pun bisa dilakukan saat mandi pagi, siang hari di sela aktivitas, mandi sore, dan sebelum tidur. Selain agar wajah bersih, cerah, dan terhindar dari jerawat, cuci muka di siang hari atau di sela aktivitas juga menjadi kesempatan kulit untuk bernafas sejenak. Saat itu, Anda pun diperbolehkan mengaplikasikan produk perawatan lagi sesuai kebutuhan.

“Tergantung kebutuhan, kalau mukanya berjerawat dan berminyak bisa cuci muka empat kali sehari. Bisa pakai produk perawatan lagi setelahnya kalau kulitnya kering. Kalau ada aktivitas di luar ruangan lagi bisa pakai sunscreen, atau kalau berjerawat bisa pakai produk untuk mengatasi jerawatnya,” kata Lili.

Leave a Comment