Timnas Italia Raih Peringkat Terburuk FIFA dalam Sejarah

Jakarta,  – Kegagalan ke Piala Dunia 2018 dan hasil buruk dalam beberapa pertandingan terakhir membuat timnas Italia berada di peringkat FIFA terburuk dalam sejarah.

Dalam ranking terbaru yang dirilis FIFA, Kamis (12/4), timnas Italia turun enam peringkat ke posisi 20. Gli Azzurri turun enam peringkat dan mengoleksi 947 poin.

Dikutip dari Football Italia, posisi ke-20 merupakan peringkat FIFA terburuk dalam sejarah negara pengoleksi empat gelar Piala Dunia tersebut sejak sistem ranking digunakan pada 1992.

Kegagalan melangkah ke putaran final Piala Dunia 2018 dan kegagalan menang dalam empat pertandingan terakhir membuat posisi timnas Italia terpuruk.

Timnas Italia terakhir menahan imbang timnas Inggris dalam laga persahabatan.Timnas Italia terakhir menahan imbang timnas Inggris dalam laga persahabatan. (Reuters/Carl Recine)

Timnas Italia terakhir dikalahkan Argentina 0-2 dalam laga persahabatan, 23 Maret lalu, dan ditahan imbang Inggris 1-1 empat hari kemudian. Timnas Italia kali terakhir meraih kemenangan pada 9 Oktober 2017 ketika mengalahkan Albania pada kualifikasi Piala Dunia 2018.

Timnas Italia gagal ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah kalah agregat 0-1 dari Swedia pada babak playoff. Ini adalah kali pertama sejak 1958 timnas Italia gagal ke putaran final Piala Dunia.

Sementara itu timnas Jerman tetap menduduki posisi teratas peringkat FIFA dengan koleksi 1.533 dan disusul Brasil dengan 1.384 poin. Timnas Belgia naik dua peringkat ke posisi tiga dengan 1.337 poin.

Timnas Jerman terakhir dikalahkan Brasil pada laga persahabatan.Timnas Jerman terakhir dikalahkan Brasil pada laga persahabatan. (REUTERS/Fabrizio Bensch)

Haiti menjadi negara dengan penurunan peringkat terbanyak setelah turun 23 peringkat ke posisi 108 dunia. Sementara timnas Kirgistan naik 40 peringkat ke posisi 75.

Timnas Indonesia sendiri tetap menduduki posisi 162 dengan koleksi 111 poin. Indonesia unggul atas Malaysia yang berada di posisi 170.

Vietnam masih menjadi negara di Asia Tenggara dengan posisi terbaik di peringkat FIFA. Vietnam berada di posisi 103 dengan koleksi 331 poin.

Leave a Comment