Tentang Mandi Rempah Usai Melahirkan

Jakarta – Setelah melahirkan, nggak serta merta keluhan saat hamil bisa hilang begitu saja. Pasti ada beberapa keluhan yang lain, benar kan, Bun? Seperti ingin menurunkan berat badan dan mengembalikan bentuk perut seperti semula. Nah, ada nih Bun, salah satu cara yang cukup ampuh untuk menuntaskan keluhan pasca melahirkan, yakni mandi rempah.

Mandi rempah? Mandi pakai rempah-rempah gitu maksudnya? Iya, Bun, mandinya pakai rempah-rempah khusus. Menurut perawat, terapis dan konselor laktasi, Devita Tri Hastiti R AMK SKM dari Vita Mom’s and Baby Care, mandi rempah banyak banget manfaatnya, terutama ibu menyusui, lho.

“Mandi rempah itu bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, bisa menghilangkan pegal-pegal. Selain itu juga bisa membakar lemak dan memperbanyak ASI,” kata perawat yang akrab disapa Vita kepada HaiBunda.

Apa saja ya rempah-rempahnya? Menurut Vita, rempah-rempahnya antara lain kulit jeruk purut, serai, jinten dan daun jeruk. Rempah-rempah itu biasanya dijual satu paket. Akan tetapi, kita bisa lengkapi sendiri misalnya ditambah daun pandan, biar wangi dan makin melancarkan peredaran darah.

“Tapi nggak mesti pandan juga bisa, kalau cuma ingin wangi bisa ditambah bunga mawar,” tambah Vita.

Katanya mandi rempah bisa menurunkan berat badan? Menurut pengalaman Vita, tiap ibu yang sudah mandi rempah, berat badannya bisa turun beberapa kilogram. Jadi, selain menyusui si kecil, dengan mandi rempah ini bisa menurunkan berat badan ibu pasca melahirkan.

“Pernah ada ibu yang berat badannya bisa turun hingga 12 kilogram, setelah mandi rempah selama 7 hari. Normalnya, mandi rempah itu sekitar 20 hingga 25 menit itu sama saja membakar 1200 kalori, sama aja kita lari selama setengah jam,” kata Vita.

Vita bilang, seorang ibu bisa turun berat badannya karena mandi rempah, asal rajin dan rutin. Tapi perlu dicatat nih Bun, kalau mau luluran kita nggak bisa mandi rempah, karena baunya akan hilang dari lulur.

Selain mandi rempah, jangan lupa juga manjakan bagian tubuh yang lain seperti wajah. Berat badan udah normal tapi muka makin kusam gara-gara sering bergadang kan juga nggak banget, Bun. Vita menyarankan untuk rajin memakai masker alami. Bisa menggunakan cokelat, alpukat atau putih telur.

Tertarik untuk mencoba, Bun?

Leave a Comment