6 Ribu Penyandang Disabilitas Karawang Kurang Diperhatikan

Sedikitnya ada sekitar 6 ribui jiwa warga Karawang penyandang disabilitas atau keterbatasan diri berdasarkan data Dinas Sosial (Dinsos) Karawang, sehingga hal tersebut menjadi (PR) besar Pemkab, agal lebih memperhatikan para penyandang disabilitas.

Namun sayangnya, belakangan ini para penyandang disabiitas banyak yang kurang diprioritaskan kepentingan umumnya.

“Tentunya, dengan jumlah penyandang disabilitas yang lumayan banyak, Pemkab Karawang harus lebih memperjuangkan hak-hak mereka, karena mereka merupakan masyarakat Karawang juga,” ujar Kasie Rehabilitas Sosial Penyandang Disabilitas Karawang, Rita Andriani, Kamis (12/04/18).

Ironisnya, sambung Rita, kesenjangan sosial masih terjadi di Karawang. Yaitu seperti masih banyaknya penyandang disabilitas yang belum disamaratakan haknya dan belum memilik penghasilan tetap.

“Harusnya, Pemkab Karawang juga lebih memperhatikan masih banyaknya penyandang disabilitas yang belum berpenghasilan, contohnya menyediakan lapangan pekerjaan,” ucap Rita.

Dalam konteks ini, peranan semua pihak juga dibutuhkan, agar tidak ada lagi cerita kelam kurang diprioritaskannya hak-hak dan fasilitas penyandang disabilitas.

“Peranan Pemkab Karawang sangat dibutuhkan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap penyandang disabilitas. Karena sudah diatur dalam Uundang-undang No 8 Tahun 2016 bahwa penyandang disabilitas juga memiliki hak,” kata Rita.

Leave a Comment