5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Perut Kosong

Jakarta – Padatnya aktivitas sering membuat kita telat makan. Apalagi kalau sudah meeting dengan bos atau meeting dengan klien, tidak bakal kepikiran mau makan. Kalau perut sudah meraung, pasti kita asal memilih makanan, yang penting bisa mengganjal perut kosong.

Padahal, tidak semua makanan bisa dikonsumsi saat perut kosong, lho. Seperti dikutip dariDazzling News, setidaknya ada beberapa makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat perut kosong. Apa saja itu? Simak yuk, penjelasan di bawah ini:

Buah jeruk

Foto: ThinkstockFoto: Thinkstock

Idealnya buah jeruk dikonsumsi setelah makan, bukan sebelum makan. Hal ini dikarenakan buah jeruk mengandung banyak asam yang bisa mengiritasi lambung dan menyebabkan mulas. Minum jus jeruk saat perut kosong bahkan bisa menyebabkan gastritis.

Selain sering menyebabkan alergi, memakan buah jeruk saat perut kosong dapat meningkatkan konsekuensi yang tidak menyenangkan. Apalagi untuk orang yang minum obat alergi, mereka harus berhati-hati karena dapat menyebabkan keracunan makanan.

Sayur mentah

Foto: Getty ImagesFoto: Getty Images

Jangan berpikir bahwa sayuran mentah atau salad adalah pilihan terbaik untuk makan pertama kali saat perut kosong. Sayuran mentah mengandung banyak sekali serat kasar yang bisa membuat perut kembung atau bahkan sakit perut, karena mengonsumsinya dalam keadaan perut yang masih kosong.

Perut pun sangat lambat mencerna sayuran mentah sehingga menyebabkan mulas. Efek buruk lainnya jika mengonsumsi sayuran mentah ketika perut kosong adalah dapat menyebabkan mual. Karena itu, meski sayuran dinilai sehat, tapi dimakan di waktu yang tidak tepat, maka tetap menimbulkan masalah bagi tubuh.

Yogurt

Foto: thinkstockFoto: thinkstock

Yogurt adalah salah satu hasil olahan dari susu yang diproses melalui proses fermentasi dengan cara menambahkan kultur organisme baik, salah satunya adalah bakteri asam laktat yang memiliki segudang manfaat jika dikonsumsi dalam waktu yang tepat.

Akan tetapi jika yogurt dikonsumsi saat perut kosong, justru tidak mendapat manfaatnya bahkan membahayakan pencernaan. Sebab, bakteri baik yang terkandung dalam yogurt akan terbunuh oleh asam klorida sehingga menyebabkan masalah pada perut.

Kopi

Foto: thinkstockFoto: thinkstock

Ketika terburu-buru atau terlalu sibuk sampai melewatkan sarapan, apalagi ketambahan rasa kantuk, pasti hanya minum secangkir kopi. Saat perut benar-benar kosong, sebaiknya jangan memilih kopi sebagai cairan yang akan diminum pertama kali.

Minum kopi saat perut kosong dapat membuat sakit perut dan bekerja sangat besar pada hati dan pankrea. Kopi juga akan menyebabkan gastritis atau peradangan selaput lendir pada lambung. Kopi boleh mengonsumsi asal perut sudah terisi agar pencernaan tetap aman.

Makanan atau minuman terlalu manis

Foto: thinkstockFoto: thinkstock

Walaupun makanan atau minuman manis bisa menghasilkan banyak energi, ternyata harus dihindari ketik perut kosong. Sebab hal ini akan memberikan beban ekstra pada pankreas. Gula dalam bentuk fruktosa pada buah bisa menyebabkan kelebihan beban untuk kerja hati. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini bahkan bisa meningkatkan risiko diabetes.

Leave a Comment