Bahan-Bahan Sehat yang Jadi ‘Racun’ Saat Dicampur Miras Oplosan

Jakarta – Bahan-bahan makanan dan minuman ini sejatinya memiliki manfaat sehat yang tidak sedikit. Sayangnya ketika dicampur ke miras oplosan, justru bahaya yang didapat.

Mencampur zat kimiawi tidak boleh sembarangan, mengingat ada reaksi dalam setiap interaksi antara zat kimia. Bisa jadi, reaksi kimiawi yang muncul bisa menyebabkan masalah kesehatan hingga kematian jika masuk ke tubuh manusia.

detikHealth pun merangkum bahan-bahan yang memiliki manfaat sehat namun menjadi petaka ketika dicampur ke miras. Apa saja?

Herba satu ini tidak bisa sembarangan dicampur dalam miras.Herba satu ini tidak bisa sembarangan dicampur dalam miras. Foto: iStock

1. Ginseng

27 Orang dirawat di rumah sakit, dengan 23 di antaranya meninggal dunia di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Polisi mengatakan para korban menenggak miras oplosan yang dicampur ginseng beberapa hari sebelumnya.

“Miras jenis ginseng, berwarna kuning dikemas ke dalam botol air mineral,” ungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Umar Surya Fana. Belakangan diketahui, miras tersebut bernama Minola Gingseng.

Dalam ilmu kesehatan, ginseng merupakan tanaman herba yang dipercaya memiliki manfaat baik untuk kesehatan seksual pria. Ginseng juga memiliki manfaat untuk menjaga stamina, mencegah penyakit infeksi, hingga mencegah diabetes.

Beberapa orang dilaporkan meninggal minum miras campur jengkol.Beberapa orang dilaporkan meninggal minum miras campur jengkol. Foto: detikfood

2. Jengkol

Tahun lalu, heboh 4 orang meninggal di Cipayung, Jakarta Timur setelah mengonsumsi miras oplosan yang dicampur jengkol.

Usai menenggak miras oplosan, keempat orang tersebut mengalami gejala keracunan. Di antaranya pusing kepala, nyeri dada, serta muntah darah. Sebanyak enam orang dilarikan ke rumah sakit, empat di antaranya meninggal dunia

Dalam takaran yang wajar, jengkol punya kandungan bermanfaat seperti sayur pada umumnya yakni serat. Seperti halnya kacang-kacangan yang lain pula, jengkol juga kaya akan protein.

Minum susu sehat tapi jangan dicampur alkohol ya.Minum susu sehat tapi jangan dicampur alkohol ya. Foto: ilustrasi/thinkstock

3. Susu

Susu adalah minuman yang baik dikonsumsi, mengingat kandungan kalsium dan proteinnya yang tinggi. Namun beberapa tahun lalu di Yogyakarta muncul kasus keracunan Susu Macan, yakni miras oplosan yang dicampur dengan susu.

Penyebab keracunannya sendiri ditengarai bukan susunya, melain jenis alkohol tradisional yang biasa digunakan untuk membuat miras oplosan Susu Macan tersebut.

Leave a Comment