9 Contoh Tanda Penyakit yang Bisa Muncul di Kuku

Kuku yang bermasalah bisa memiliki warna dan tekstur beberapa dari kuku normal. Hal ini bisa diperhatikan bila seseorang jeli merawat kukunya.

Kuku pucat dengan sedikit warna biru bisa jadi karena tidak mendapat suplai oksigen yang cukup dari darah. Ini merupakan tanda-tanda penyakit pembuluh darah atau masalah paru. (Foto: 9gag)Kuku pucat dengan sedikit warna biru bisa jadi karena tidak mendapat suplai oksigen yang cukup dari darah. Ini merupakan tanda-tanda penyakit pembuluh darah atau masalah paru. (Foto: 9gag)

Kuku yang tumbul tebal dan berwarna putih seperti kapur bisa karena ada masalah hati. Penyakit hati seperti hepatitis atau penyakit kuning diketahui dapat memengaruhi warna kuku. (Foto: 9gag)Kuku yang tumbul tebal dan berwarna putih seperti kapur bisa karena ada masalah hati. Penyakit hati seperti hepatitis atau penyakit kuning diketahui dapat memengaruhi warna kuku. (Foto: 9gag)

Normalnya kuku yang sehat terlihat mulus tidak ada patahan atau sobekan. Tapi kalau kuku tumbuh dengan tekstur yang tidak rata atau berlubang bisa jadi ini karena gejala peradangan atau psoriasis. (Foto: 9gag)Normalnya kuku yang sehat terlihat mulus tidak ada patahan atau sobekan. Tapi kalau kuku tumbuh dengan tekstur yang tidak rata atau berlubang bisa jadi ini karena gejala peradangan atau psoriasis. (Foto: 9gag)

Kuku kuning bisa jadi karena penyakit paru, tiroid, psoriasis, infeksi jamur, hingga penyakit hati. (Foto: 9gag)Kuku kuning bisa jadi karena penyakit paru, tiroid, psoriasis, infeksi jamur, hingga penyakit hati. (Foto: 9gag)

Ini adalah contoh kuku orang yang punya kebiasaan mengigit kuku. Sumber masalahnya bisa karena hal psikologis seperti pengaruh kecemasan. (Foto: 9gag)Ini adalah contoh kuku orang yang punya kebiasaan mengigit kuku. Sumber masalahnya bisa karena hal psikologis seperti pengaruh kecemasan. (Foto: 9gag)

Kuku kuning ditambah banyak retakan merupakan ciri khas kuku yang terinfeksi oleh jamur. (Foto: 9gag)Kuku kuning ditambah banyak retakan merupakan ciri khas kuku yang terinfeksi oleh jamur. (Foto: 9gag)

Garis hitam pada kuku sebaiknya diperiksa karena bisa jadi tanda kanker kulit melanoma. (Foto: 9gag)Garis hitam pada kuku sebaiknya diperiksa karena bisa jadi tanda kanker kulit melanoma. (Foto: 9gag)

Kuku yang tampak pucat bisa karena seseorang punya masalah nutrisi seperti anemia (kurang zat besi) atau juga karena kondisi hati. (Foto: 9gag)Kuku yang tampak pucat bisa karena seseorang punya masalah nutrisi seperti anemia (kurang zat besi) atau juga karena kondisi hati. (Foto: 9gag)

Kulit disekitar kuku yang tampak menebal bisa jadi karena ada infeksi. (Foto: 9gag)Kulit disekitar kuku yang tampak menebal bisa jadi karena ada infeksi. (Foto: 9gag)

Leave a Comment