Aman Nggak Sih Ibu Hamil Pakai Kuteks?

Jakarta – Namanya wanita pasti ingin tampil cantik dan menarik ya, Bun. Masalahnya, kalau lagi hamil terus pengen bersolek alias dandan kadang sering muncul kekhawatiran nih. Kira-kira kalau pakai produk kecantikan ini dan itu aman nggak ya? Salah satunya, kuteks.

Kekhawatiran ini pernah dirasakan salah satu sahabat HaiBunda yang lagi hamil 5 bulan, Wiena. Sebelum hamil, Wiena nggak sering pakai kuteks. Tapi, pas masuk usia kandungan 4 bulan, Wiena jadi pengen pakai kuteks. Tapi dia ragu, soalnya takut nggak aman buat bayinya.

“Nggak tahu jadi kayak pengen pakai kuteks, ngehias-hias kuku gitu. Padahal, dulu aku nggak begitu suka pakai kuteks. Jarang. Tapi sekarang kok jadi ganjen gini ya, ha-ha-ha,” kata Wiena. Namun, karena mengambil amannya, Wiena pun nggak melakukan keinginannya pakai kuteks.

Sebenarnya, aman nggak sih ibu hamil pakai kutek? Kalau kata dr Noviyanti SpOG dari RS Mayapada Tangerang, sebaiknya ibu hamil menghindari pemakaian kuteks karena mengandung bahan kimia. Umumnya, di kutek ada kandungan Di-isobutyl phthalate (DiBP) dan Di-n-butyl phthalate (DnBP).

“Itu berpotensi memengaruhi kecerdasan atau IQ si anak kelak. Makanya, sebaiknya bumil menghindari paparan kuteks di semua trimester kehamilan,” kata wanita yang akrab disapa dr Novi ini waktu berbincang sama HaiBunda.

Sementara itu, dr Philip Agustinus SpOG bilang boleh aja ibu hamil pakai kuteks. Tapi, pas memakainya harus di ruangan terbuka supaya nggak terhirup, Bun. Hmm, apakah kutek sbakal menyerap ke kuku, Dok?

“Nggak sih, kan dipakainya di kuku. Beda sama balsem kan dioles di kulit ya,” ujar dr Philip. Kadang kala, keinginan tampil cantik sering dikaitkan sama ‘bawaan bayi’ atau jenis kelaminnya nih. Nah, baik dr Novi maupun dr Philip bilang nggak ada hubungan antara dua hal itu.

Kalau kata dr Novi, nggak ada ibu hamil yang mendadak jadi genit alias ingin tampil cantik. Itu cuma sugesti apalagi di masyrakat mitos kayak gitu masih sering banget beredar kan ya, Bun. Begitu juga dengan dr Philip yang bilang nggak ada hubungan antara jenis kelamin bayi yaitu perempuan yang dianggap bisa bikin si ibu jadi lebih genit.

“Nggak ada hubungannya, mitos aja itu,” kata dr Philip. Nah, kalau menurut Bunda gimana? Ada nggak sih hubungan antara jenis kelamin bayi kita sama keinginan bersolek pas hamil?

Leave a Comment