Jauh-jauh Dinkes Kumpulkan Puskesmas di Pantai Carita, Sosialisasi atau Hiburan?

Karawang – Beberapa hari yang lalu Dinas Kesehatan mengundang seluruh Puskesmas yang ada di Karawang terkait rapat koordinasi petugas IVA (Inspeksi Visual Asam asetat). Kegiatan rapat koordinasi petugas IVA ini diduga ada kejanggalan dalam pelaksanaan tempatnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media, undangan yang disebar ke seluruh Puskesmas di Karawang ini pelaksanaan kegiatannya digelar di Aula kantor Dinas Kesehatan, pada 30 November 2017, sekitar pukul 08.30 WIB.

Program tersebut untuk menindaklanjuti rencana kerja seksi pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa. Yaitu kegiatan peningkatan pencegahan pengendalian penyakit kangker dan kelainan darah (PKKD) Tahun anggaran 2017.

Akan tetapi pelaksanaan program koordinasi petugas IVA tersebut tidak sesuai dengan yang tertera di undangan dari Dinas Kesehatan. Pasalnya, kegiatan tersebut dilaksanakan di Archepilago Hotel Carita Banten.

Menyikapi persoalan ini, Arman Armada sebagai Wakil Ketua Bidang Kesehatan GEMAKU (Gerakan Mahasiswa Karawang Utara) mempertanyakan, kenapa lokasi kegiatan Dinkes ini tidak sama antara yang tertera di undangan dengan lokasi kegiatan pada kenyataanya.

“Ada apa dengan kegiatan rapat Koordinasi Petugas IVA Dinas Kesehatan. Apakah ini ada kesalahan ketik atau ada maksud terselubung dalam kegiatan program ini,” kata Arman, Selasa (5/12/2017).

Selain itu, Arman juga mencurigai jika program ini hanya untuk menghamburkan anggaran menjelang akhir tahun 2017. Yaitu dimana serapan anggaran dinas masih terbilang minim. Jika saja program Dinkes ini hanya untuk meminimalisir serapan anggaran, maka hal tersebut sangat disayangkan GEMAKU.

“Kenapa tempatnya harus di pantai Carita?. Kenapa tidak di Aula Dinas Kesehatan saja sesuai undangan yang disebar sebelumnya,” tanya balik Arman.

Salah satu hiburan organ tunggal yang disuguhkan Dinkes.

Ditambahkan Arman, hanya kegiatan untuk koordinasi saja Dinkes harus sampai menggelar kegiatannya di Pantai Carita. Sehingga dicurigainya, program tersebut hanya sekedar “aji mumpung” untuk penyerapan anggaran Dinkes.

“Apalagi di sana peserta yang didelegasikan oleh Dinkes itu terkesan hanya liburan dan cari hiburan saja. Pada jogged-joged ada organ tunggal dan pada main-main di pantai saja mas,” katanya, kepada awak media.

Atas persoalan ini, sambung Arman, GEMAKU meminta agar tim Audit untuk mengecek program Koordinasi Petugas IVA yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan ini. “Ada indikasi hambur-hamburkan anggaran dan tidak relevan dengan kondisi real yang ada di undangan.

Leave a Comment